Jumat, 23 Mei 2014

Metode dan Media Pembelajaran

Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan  rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun secara optimal.
Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menghinwakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hanya mungkin dapatndiimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran.
Beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran
1. Ceramah
Metode ceramah dapat diartikan sebagai cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung kepada sekelompok siswa.
Metode ceramah merupakan metode yang sampai saat ini  sering digunakan oleh setiap guru atau instruktur. Hal ini selain disebabkan oleh beberapa pertimbangan tertentu, juga adanya faktor kebiasaan baik dari guru ataupun siswa. Guru biasanya belum merasa puas manakala dalam proses pengelolaan pembejaran tidak melakukan ceramah. Demikian juga dengan siswa, mereka akan belajar mana kala ada guru yang memberikan materi pembelajaran melalui ceramah, sehingga ada guru yang berceramah berarti ada proses belajar dan tidak ada guru tidak ada belajar. Metodee ceramah merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran ekspositori.

a. Kelebihan dan kelemahan metode ceramah
Alasan ini sekaligus merupakan keunggulan metode ini.
1) ceramah merupakan metode yang murah dan mudah untuk dilakukan. Murah dalam hal ini dimaksudkan proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap, berbeda dengan metode yang lain seperti demonstrasi atau peragaan. Sedangkan mudah, memang ceramah hanya mengandalkam suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukana persiapan yang rumit.
2) ceramah dapat menyajikan materi pelajaran yang luas. Artinya materi pelajaran yang banyak dapat di rangkum atau dijelaskan pokok-pokoknya oleh guru dalam waktu yang singkat.
3) ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya guru dapat mengatur pokok-pokok materi yang mana yang  perlu ditekankan sesuai dengan kebutuham dan tujuan yang ingin di capai.
4) melalui ceramah, guru dapat mengontrol keadaan kelas,  oleh karena sepenuhnya kelas merupakan tanggung jawab guru yang memberikan ceramah.
5) organisasi kelas dengan menggunakan ceramah dapat di atur menjadi lebih sederhana, Ceramah tidak memerlukan setting kelas yang beragam, atau tidak memerlukan persiapan persiapan yang rumit. Asal siswa dapat menempati tempat duduj untuk mendengarkan guru, maka ceramah sudah dapat dilakukan.

Langkah-langkah menggunakan metode ceramah
Pertama: 1. Menjelaskan tujuannya lebih dulu kepada peserta didik agar peserta didik mengetahui arah kegistannya dalam pembelajaran, 2. Kemukakan pokok2 yg di bahas, 3. Memancing pengalaman siswa peserta didik yg cocok dengan materi yang ajan dipelajarinya
Kedua : Menyajikan bahan2 baru dengan memperhatikan faktor2 berikut : 1.Perhatian peserta didik dari awal sampai akhir pelajaran harus tetap terpelihara,  2. Menyajikan pelajaran secara sistematis , tidak berbelit2 dan tidak meloncat, 3. Kegiatan belajar mengajar diciptakan secara variatif,, 4. Memberikan ulangan pelajaran kepada responsi,  5. Membangkitkan motivasi belajar  secara terus menerus  selama pelajaran berlangsung.
Ketiga : Menutup pelajaran pada akhir pelajaran.  Kegiatan yang perlu di perhatikan pada penutuan ituafakah :  1. Mengambil kesimpulan dari semua pelajaran yang telah diberiakan, dilakukan oleh pesert3 d7dik di bawah bimbingan guru, 3, Melaksanakan  penilaian secara komprehensif untuk mengukur peruabahan tingkah laku.

Sumber : Sagala, S (2007), konsep dan makna pembelajaran, Bandung,: Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar