Minggu, 10 April 2011

Model Pembelajaran Zigsaw

Jigsaw telah dikembangkan dan diuji coba oleh Elliot Aroson dan teman-teman dari Universitas Texas, dan dadopsi oleh Slavin dan teman-teman di Universitas John Hopkins, Jigsaw memiiki 2 tipe yaitu tipe A (discussing) dan tipe B (playing card)

Langkah-langkah pembelajaran Jigsaw tipe A
1.Siswa dibagagi menjadi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang).
2.Materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagiberapa subbab.
3.Setiap anggot
a kelompok membaca sub babying ditugaskan dan bertanggung jawab mempelajarinya. Misalnya, Dalam pelajaran Fisika jika materi yang disampaikan mengenai spectrum gelombang elektromagnetik. Maka seorang siswa dari kelompok memepelajari tentang sinar gamma, siswa yang lain tentang sinar radio dan TV, siswa yang lain lagi tentang sinar x, yang berikutnya tentang cahaya tampak dan Radar, begitu seterusnya sampai bab nya habis dipelajari oleh tiap kelompok. Atau jika pelajaran Biologi, materi yang dipelajari mengenai system eksresi. Maka seorang siswa dari satu kelompok memepelajari tantang ginjal, siswa yang lain tentang paru-paru, yang lainya lagi tentang kulit dan siswa berikutnya juga mempelajari tentang hati.
4.Anggota lain yang mempelajari su
b bab yang samabertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikannya.
5.Setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya.


Persyaratan lain ang perlu disiapkan guru, antara lain : 1) Bahan kuis, 2) Lembar kerja siswa dan 3) Rencana Pembelajaran.


Penghargaan atas k
eberhasilan kelompok dapat dilakukan oleh guru dengan melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut:
a.menghitung sk
or individu
Menurut Slavin (dalam ibahim, dkk.2000) untuk memberikan skor perkembangan individu dihitung pada ta
bel berikut ini

Tabel 1
Nilai Tes Skor Perkembangan
Lebih dari 10 poin di bawah skor awal…. 0 poin
10 poin di baw
ah sampai 1 poin di bawah skor awal….. 10 poin
Skor awal samp
ai 10 poin diatas skor awal… 20 poin
Lebih dari 10 poin di atas skor awal…… 30 poin
Nilai sempurna (tanpa memperhitungkan skor awal)…… 30 poin

b.Menghitung skor kelompok.
Skor kelompok ini dihitung dengan mem
buat rata-rata skor perkembangan anggota kelompok yaitu dengan menjumlah semua skor perkembangan yang diperoleh anggota kelompok dibagi dengan jumlah anggota kelompok. Sesuai dengan rata-rata skor perkembangan kelompok, diperoleh katagori skor kelompok sepert tabel 2 di bawah ini.

Tabel 2
Rata-rata Tim Predikat
0-5 x Baik

15-25 x Baik
25-30 x Tim supoer

c.Pemberian h
adiah dan pengakuan skor kelompok . setelah masing-masing kelompok mempelajari, predikat guru, guru memberikan hadiah /penghargaan kepada kelompok masing-masing sesuai dengan predikatnya.

Daftar Pepustakaan
Trianto, (2007) M
odel-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukstivistik, :Prestasi Pustaka, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar