Pemilihan metode mengajar yang akan digunakan dalam rangka perencanaan pengajaran, perlu dipertimbangkan faktor-faktor tertentu antara lain kesesuaiannya dengan Kompetensi Dasar serta keterlaksanaanyanya dilihat dari waktu dan sarana yang ada.Metode pembelajaran adalah cara-cara yang dipergunakan pengajar atau instruktur informasi atau pengalaman baru, menggali pengalaman peserta belajar, menampilkan unjuk kerja peserta belajar dan lain-lain. Secara garis besar,metoda yang sering digunakan dalam pembelajaran orang dewasa antara lain a) ceramah dan tanya jawab, b) demonstrasi/praktikum, c) diskusi kasus dan presentasi, d) simulasi, e) permainan, e) seminar/simposium/lokakarya f) studi banding, dan lain-lain.
Variabel metode pembelajaran diklasifikasikan lebih lanjut menjadi 3 jenis yaitu 1) strategi pegirganisasian,yaitu metode untuk mengorganisai isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran. "Mengorganisai" mengacu pada suatu tindakan seperti pemilihan isi, penataan isi, pembuatan diagram, format dan lainnya yang setingkat dengan itu, 2) strategi penyampaaian,yaitu metode untuk menyampikan pembelajaran kepada siswa untuk menerima serta merespons masukan yang berasal dari siswa, 3) strategi pengelolaan yaitu metode untuk menata interaksi antara belajar dan variabel metode pembelajaran lainnya, variabel strategi pengorganisasian dan penyampaian belajar.
Fisika merupakan pelajaran bidang studi IPA, yang merupakan unsur pokok dalam pendekatan inquiry dan discovery(belajar dan menemukan). Didalam penyampaian materi Fisika diperlukan juga berbagai metoda salah satunya adalah inquiry dan discovery(belajar dan menemukan). Di bawah ini adalah foto-foto pada saat pembelajaran Fisika dengan menggunakan inquiry dan discovery(belajar dan menemukan). yaitu metoda yang melibatkan siswa melakukan percobaan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan yang diajukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar