Kamis, 23 Desember 2010

Analisis Varians ( 2 x 2)

Bismillah...Postingan ini untuk mahasiswa STAIN Zawiyah Cot Kala, Prodi PMA mata kuliah Statistik Dasar. Dibawah ini saya memberikan lampiran tentang Analisis Varians, sebagai pelengkap bahan ajar saya dikampus..semoga bermanfaat...

Untuk k kelompok data yang memiliki rata-rata x = dan berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen, dengan rata-rata μ dan varians dapat diajukan hipotesis sebagai berikut :

Tabel 51. Rangkuman Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Model Pembelajaran Tematik Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi, Model Pembelajaran Tematik Kemampuan Berpikir Kritis Rendah, Model Pembelajaran Konvensional Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi, dan Model Pembelajaran Konvensional Kemampuan Berpikir Kritis Rendah.

No Model Pembelajaran Tematik Model Pembelajaran Konvensional
Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi Kemampuan Berpikir Kritis Rendah Kemampuan Berpikir Kritis Tinggi Kemampuan Berpikir Kritis Rendah
1 34 27 28 28
2 30 26 27 28
3 28 25 26 26
4 28 25 25 24
5 28 25 23 23
6 27 24 22 23
7 27 20 20 21
8 27 20 20 20
9 25 20 20 20
10 25 20 18 20
11 25 18 18 20
12 23 16 18 18
13 20 16 15 17
14 20 14 - 16
15 19 14 - 15
16 18 14 - 15
17 - - - 14

N=16
= 404

= 25,25
= 10484

s = 4,34
s2 = 18,84

N=16
= 324

= 20,25
= 6880

s =4,61
s2 = 21,25

N=13
= 280

= 21,53
= 6224

s =4,23
s2 = 17,89

N=17
= 348

= 20,47
= 7434

s =4,30
s2 = 18,49





Lampiran 14

Perhitungan Analisis Varian (ANAVA) Dua Jalur


a. Membuat tabel data rangkuman hasil penelitian


Tabel 52. Rangkuman Data Hasil Penelitian


Model Pembelajaran Total
Tematik Konvensional

Tinggi N=16
= 404

= 25,25
= 10484

SD=4,34
N=13
= 280

= 21,53
= 6224

SD=4,23
N=29
= 684

= 23,39
= 16708

SD=4,28


Rendah N=16
= 324

= 20,25
= 6880

SD=4,61
N=17
= 348

= 20,47
= 7434

SD=4,30
N=33
= 672

= 20,36
= 17101

SD=4,45

Total N=32
= 728

= 22,75
= 17364

SD=3,65
N=30
= 628

= 20,99
= 13658

SD=4,27
N=62
= 1356

= 22,88
= 31022

SD=3,83



Total = 1 + 2 + 3 + 4
= 404 + 324 + 280 + 348
= 1356
JK total = t 2 -
= 31022 –
= 31022 – 29657

= 1365

JK antar kelompok= + + + -
= + + + -
= 260
JK dalam kelompok (Galat) = JK total – JK antar kelompok
= 1365 – 260
= 1105
JK antar baris = + -
=
= 159
JK antar kolom = + – ¬
=
= 51,10
JK Interaksi = JKantar kelompok – JKantar baris – JKantar kolom
= 260 – 159 – 51,10
= 49,90
dk antar kelompok = 4 –1 = 3
dk dalam kelompok = 62 – 4 = 58
dk antar baris = 2 – 1= 1
dk antar kolom = 2 – 1 = 1
dk interaksi = (b-1) (k-1)
= (2-1)(2-1) =1
RJK antar kolom =
= = 51,10
RJK dalam kolompok =
= = 19,05
RJK antar baris =
= = 159
RJK interaksi =
= = 49,90
F hitung antar kolom =
= = 2,67
F hitung antar baris =
= = 8,34
Fhitung interaksi =
= = 2,61
Ftabel = 4,02

Hasil perhitungan analisa data diatas dapat digambarkan seperti pada Tabel 53.
Tabel 53. Ringkasan Hasil Analisis Varians

Sumber Varians JK dk RJK Fhitung Ftabel
Antar kolom
Antar baris
Interaksi
Dalam Kelompok (Galat) 51,10
159
49,90
1105 1
1
1
58 51,10
159
49,90
19,05 2,67
8,34
2,61 4,02
Total 1365 61 - - -

a. Untuk melihat perbedaan hasil belajar IPA karena perbedaan model pembelajaran, maka perlu dihitung F kolom (Fc).
Fc = = = 2,67

Jika dibandingkan dengan F(0.95;1.58) = 4,02, maka Fc = 2,67 < tabel =" 4,02" fc =" =" fr =" 8,34"> Ftabel = 4,02 berarti hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah teruji kebenarannya.

c. Untuk melihat adanya interaksi antara pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa maka perlu dihitung F Interaksi yakni ;
Fc = = = 2,61
Jika dibandingkan dengan F(0.95;1.58) = 4,02, maka Frc = 2,61 < ftabel =" 4,02">

Tidak ada komentar:

Posting Komentar